Saturday 11 June 2016

"Jeungki" Alat Tradisional Aceh yang hapir terlupakan.


Jeungki sudah sangat jarang ditemukan di dalam keseharian masyarakat Aceh, dengan perkembangan teknologi yang sungguh pesat, benyak masyarakat yang meninggalkan Alat tradisional Jeungki ini.
Jingki atau jeungki adalah sebuah alat tradisional yang terbuat dari kayu pilihan yang digunakan oleh masyarakat Aceh untuk menumbuk padi menjadi beras atau menumbuk beras menjadi tepung. Alat ini sangat mudah ditemukan hampir disetiap rumah di kampung-kampung.
Sekarang alat ini sudah sangat jarang digunakan dan dijumpai karena telah digantikan oleh alat-alat moderen.

Jingki sering digunakan di bulan Ramadhan, terutama mendekati lebaran, karena ibu - ibu harus menumbuk beras menjadi tepung sebagai bahan utama kue lebaran. Memang capek menumbuk beras menjadi tepung dengan menggunakan jingki, karena selain peralatan nya yang berat, pekerjaan itu juga tidak bisa dilakukan sendirian.
Namun, dibalik rasa capek menumbuk padi/beras dengan jingki, ternyata tersimpan nilai sosial yang kental sepeti kebersamaan dan penuh kesabaran.
Dengan Perkembangan zaman menuju modern, kita wajib prihatin dengan Alat tradisional Jeungki ini, karena tanpa ada peran masyarakat/pemerintah dalam melestarikan Alat tradisional Jeungki ini, maka pastinya tak lama lagi alat ini akan menghilang dari masyarakat kita, kita berharap kepedulian kita makin bertambah terhadap alat-alat tradisional seperti Jeungki ini.
Sudah sangat jarang orang menggunakan Jeungki ini, dan di takutkan generasi kedepan jangan kan melihat jeungki nama jeungki sendiri akan punah di telan masa.
Ayo kawan-kawan kita harus melawan lupa jeungki.

No comments:

Post a Comment