Friday 16 September 2016

Sejak Kapan Politik Ada?



Politik merupakan salah satu aktivitas manusia terpenting sepanjang sejarah manusia. Dengannya, manusia saling mengelola potensi yang berserakan di antara mereka; saling bersinergi dalam satu tujuan yang sama; saling memahami dalam perbedaan yang ada; juga saling menjaga peraturan yang di sepakati bersama. Ada yang dipimpin, ada yang memimpin, ada yang memikirkan seseret konsep mutakhir, ada pula yang merealisir. Semua ini aktivitas umat manusia.

Namum, saat kata 'politik' bergandeng dengan islam saat benderanya berkibar di langit-langit pemikiran, saat suara para pembaru muslim yang meneriakkan 'sistem politik islam' melengket memasuku pendengaran generasi muda, mengubah pola pikir. Sesaat itu jiwa perjuangan lahir untuk membasmi kezaliman yang ada di bumi.

Secara bahasa, politik dalam bahasa arab disebut as siyasah berarti mengelola, mengatur, memerintah, dan melarang sesuatu. Atau secara defenisi berarti prinsip-prinsip dan seni mengelola persoalaan publik, sebagaimana di jelaskan oleh kamus hukum dalam Ensiklopedia Ilmu Politikn.

Dalam referensi Barat, politik juga berarti pengelolaan urusan manusia, politik dalan bahasa inggris adalah Policy, versi Prancis adalah Politique, namum aslinua berasal dari bahasa Yunani yaitu police, defenisi politik sangat berangam, tergantung kecendrungan dan sudut pandang seriap pemikir. Bahkan ada yang mendefenisikan dengan the art of possible, karena luasnya domain politik.

Namum persoalannya apakah yang di maksud politik? Jika istilah politik telah ada sejak zaman Yunani kuno, atau lebih lama lagi, lalu sejak kapan istilah itu bergandeng dengan kata islam?

No comments:

Post a Comment