Wednesday 21 September 2016

Peradaban Islam dan Zaman 1001 Malam



Abad ke 8. Benua eropa masih terbenam dalam 1.000 tahun kegelapan, kemiskinan, dan terbelakang. Akan tetapi sebuah kota di jazirah Arab, Bagdad, seperti sebuah kota dari dunia lain. Sebuah negeri dongeng, negeri "1001 malam" yang sangat makmur dengan kekayaan yang nyaris tidak terbayangkan. Bagdad adalah sebuah pusat imperium yang sangat berkuasa kala itu, kekhalifahan Abbasiyah. Negeri tempat Sinbad, Aladin, dan sang raja bijaksana, Harun Al Rashid tinggal di kota itu dihiasi singasana megah, yang keindahannya melebihan istana bangsa Romawi.

Bagdad dan peradaban Abbasiyah adalah pusat dunia. Pedagang-pedagang dari berbagai penjuru dunia seperti Cina, India, Swedia di ujung Eropa, bahkan kepulauan Nusantara bertemu di pusat pelabuhan di sungai Tigris yang sangat ramai. Para intelektual nya adalah manusia-manusia paling cerdas di muka bumi. Kata-kata ilmu pengetahuan bahasa inggris yang di gunakan sekarang, Algebran, Algorithm (sistem flowchart yang juga digunakan program komputer), Zero, Chemical (alchemy), dan banyak lainnya berasal dari bahasa Arab. Bukti bahwa ilmu pengetahuan manusia mencapai salah satu puncak di masa itu.

Banyak yang menyangka
Robot pertama diciptakan oleh sang genius Leonardo da Vinci di tahun 1495. Tapi lihat ini di Wikipedia. Di tahun 1206, seorang ilmuwan bernama Al-Jazari sudah menciptakan sebuah ”mesin” yang bisa bergerak-gerak menggunakan tenaga air berbentuk manusia.

Ini, adalah salahsatu Robot pertama dalam sejarah manusia. Khususnya adalah robot pertama yang diprogram secara mekanis, the first programmable humanoid robots. Robot-robot ini berbentuk musisi yang secara otomatis bisa memainkan alat musik bila dihidupkan. Lihat di Wikipedia : Robot, History of Robots. Para ilmuwan Islam sudah membuatnya jauh sebelum Leonardo Da Vinci.

Penemuan "Hukum Gravitasi Universal" oleh Newton (Principia, 1687) dianggap sebagai salahsatu puncak tertinggi dari seluruh eskalasi kecerdasan spesies manusia. Tapi lihat juga ini di Wikipedia. Seorang ilmuwan bernama Muhammad Ibn Musa di abad 9 sudah menciptakan hipotesis akan adanya suatu Daya Tarik raksasa dalam pergerakan benda-benda luar angkasa. Ilmuwan Islam bahkan sudah mendahului Newton.

Ilmuwan Islam abad 9 sudah menemukan sebuah komputer? Lihat Wikipedia : Computer. Dan ini juga ditemukan oleh Al-Jazari, yang menciptakan robot pertama.

Alatnya bernama Castle Clock, atau Jam Istana. Ini adalah alat besar yang sangat rumit dan kompleks, yang tentu tidak hanya menunjukkan jam, tapi juga menunjukkan zodiak, orbit matahari dan bulan secara akurat. Jam ini juga diprogram untuk menyesuaikan perubahan panjang waktu antara siang dan malam yang berubah setiap tahun. Dan uniknya setiap jam dari dalam jam besar ini akan keluar orang-orang/manekin.

No comments:

Post a Comment